Adakan Evaluasi, JDIH Diharapkan Jadi Rujukan Tentang Ombudsman RI
Jakarta – Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Ombudsman Republik Indonesia (JDIH Ombudsman RI) diharapkan dapat menjadi rujukan bagi siapapun yang membutuhkan informasi peraturan tentang Ombudsman RI. Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Organisasi, Esti Budiyarti saat membuka rapat evaluasi JDIH di The Groove Suite Jakarat, Senin (13/11/2023).
Menurut Esti, Ombudsman harus terus disosialisasikan salah satunya melalui JDIH. “JDIH agar menjadi ruang sosialisasi pelayanan yang kita berikan kepada publik,” tukasnya.
Esti menyatakan bahwa JDIH berisi tidak hanya peraturan tapi juga informasi dan dokumentasi hukum. Ia berkata bahwa melalui evaluasi ini diharapkan akan mendapat masukan-masukan termasuk informasi baru yang belum diketahui.
“Masih banyak ruang-ruang yang harus disempurnakan agar masayarakat yang ingin mengetahui peraturan-peraturan Ombudsman bisa langsung mengarah ke JDIH Ombudsman,” kata Esti.
Sementara itu, Plt. Koordinator Jaringan Informasi Hukum, Dwi Rahayu Eka Setyowati menyampaikan bahwa pencapaian Ombudsman dalam JDIH Award sudah cukup baik, sudah naik sembilan poin dari tahun sebelumnya. “Namun memang tahun ini sangat kompetitif sekali, perbedaan antar peringkat hanya satu poin saja,” tutur Dwi Rahayu.
“Tahun ini ada pergeseran nilai indikator. Tahun ini media sosial memiliki skor yang cukup besar, sehingga media sosial Ombudsman dapat lebih diaktifkan lagi,” saran Dwi Rahayu. (NI)